Senin, 04 Februari 2013

Mengatasi Boros dalam Berbelanja


Boros Belanja » Mengatasi Boros dalam BerbelanjaBelanja merupakan hal yang sangat disukai oleh pria dan wanita. Belanja kini sudah bukan lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan namun juga untuk memuaskan perasaan. Ada orang yang akan merasa sangat bahagia jika belanja, walaupun barang belanja yang dibeli sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Kebiasaan belanja yang sampai membuat anda boros sebaiknya dihentikan sebelum anda ketagihan dan tidak bisa berhenti. Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengatasi boros pada saat anda berbelanja.
Pada saat berbelanja sebaiknya anda hanya membawa uang tunai agar barang yang anda beli sesuai dengan uang yang anda bawa saja. Jika memang tidak ingin membawa uang terlalu banyak, maka sebaiknya anda menggunakan kartu debit bukan kartu kredit. Membayar dengan kartu debit akan mengurangi hutang di kartu kredit anda, anda juga akan terus mengingat jumlah uang yang ada pada kartu debit anda sehingga anda tidak akan terlalu banyak belanja. Sebelum anda pergi berbelanja, sebaiknya anda membuat catatan belanja. Jika anda sudah memiliki catatan belanja, usahakan anda hanya membeli barang yang ada di catatan tersebut sehingga anda tidak tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika memang anda membutuhkan kartu kredit, sebaiknya anda hanya memiliki satu kartu kredit saja. Hal ini akan membuat anda tidak terlalu memiliki banyak hutang dari berbagai bank. Anda hanya akan fokus pada barang-barang yang dibutuhkan saja karena merasa uang anda tidak cukup.
Memiliki catatan pengeluaran sangatlah penting untuk mengatur jumlah pengeluaran anda. Anda sebaiknya menyimpan catatan pengeluaran anda agar anda tahu sudah berapa banyak uang yang dikeluarkan dan bisa mengira-ngira untuk belanja yang selanjutnya. Jika masalah belanja boros anda sudah sangat berlebihan dan tidak bisa dihentikan, sebaiknya anda mencari bantuan dari keluarga,teman, atau pasangan anda. Pastikan mereka membantu anda dalam masalah keuangan agar anda tidak terlalu terjerumus hutang. Jika keluarga, teman maupun pasangan juga tidak bisa membantu anda, sebaiknya anda mencari pertolongan dari ahlinya karena boros dalam belanja bisa merupakan penyakit diri.

Sumber : http://www.topulerkan.com/mengatasi-boros-dalam-berbelanja-003707/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar