Senin, 04 Februari 2013

Mengganti Makanan untuk Mendapatkan Pola Hidup yang Lebih Sehat


Makanan Sehat 300x300 » Mengganti Makanan untuk Mendapatkan Pola Hidup yang Lebih SehatSebagian besar dari penyakit atau keluhan kesehatan yang ada saat ini, bisa terjadi karena adanya pola makan yang buruk. Terlalu banyak makan makanan yang tidak sehat yang ditambah dengan kurangnya berolahraga dapat membuat kesehatan dan kebugaran tubuh menjadi terganggu. Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar setiap hari adalah dengan mengubah pola makan dan pilihan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Berikut ini adalah daftar beberapa makanan yang perlu untuk diubah jika anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat.

Pertama, ganti mentega dengan canola oil atau minyak zaitun. Lemak yang trerkandung di dalam mentega tidak bagus untuk kesehatan anda. Oleh sebab itu, gantilah mentega dengan minyak canola atau zaitun yang memiliki kandungan lemak jenuh lebih rendah dibandingkan dengan mentega. Kedua, gantikan penggunaan garam dengan rempah-rempah kering lain yang bisa memberikan cita rasa pada masakan. Kebanyakan negara-negara maju, seperti Amerika dan Singapore, membatasi penggunaan garam hanya 2300 mili gram per harinya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko penduduknya untuk terserang darah tinggi atau stroke. Yang ketiga, gantilah menu makan anda dari steak menjadi salmon. Selain lebih menyehatkan, salmon juga mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan mata dan telinga. Kandungan lemak jenuh yang ada pada salmon pun jauh lebih rendah dibandingkan dengan steak atau daging merah.

Keempat, kurangi konsumsi susu tinggi lemak dan ganti dengan susu rendah lemak. Susu memang sangat baik untuk pemenuhan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh anda setiap harinya, namun pilihlah susu rendah lemak yang akan jauh lebih baik untuk kesehatan terutama bagi anda yang sudah memiliki berat badan berlebih. Selain lebih menyehatkan, menurut penelitian oleh para pakar gizi belakangan ini susu rendah lemak juga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Yang terakhir, hindari mengkonsumsi produk biji-bijian olahan seperti roti tawar putih karena bisa menaikkan resiko penyakit jantung. Sebaliknya, pilihlah biji-bijian karbohidrat kompleks seperti beras merah yang sangat bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, biji-bijian berkarbohidrat kompleks juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, magnesium dan seng.

Sumber : http://www.topulerkan.com/mengganti-makanan-untuk-mendapatkan-pola-hidup-yang-lebih-sehat-003737/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar